Komet, Bintang Berekor yang Menajubkan


Benda seperti bola terbang bercahaya yang indah melintasi bumi. Semula banyak orang takut dengan benda ini karena menganggapnya seperti meteor ketika melintasi bumi dan dikhawatirkan menabrak bumi yang akan menyebabkan bencana besar bagi peradaban manusia. Tetapi perlahan-lahan anggapan itu mulai hilang melihat fakta dari komet. Fakta apakah itu?

Komet ternyata bukanlah suatu benda angkasa yang berat. Massa komet hanyalah beberapa gram saja sehingga kekhawatiran
terhadap dampak bencana akibat tabrakan komet dengan bumi tercinta mulai luntur. Komet adalah benda angkasa yang mirip asteroid, tetapi hampir seluruhnya terbentuk dari gas (karbon dioksida, metana, air) dan debu yang membeku. Komet memiliki orbit atau lintasan yang berbentuk elips, lebih lonjong dan panjang daripada orbit planet. Rentangan waktu pendek adalah kurang dari 200 tahun dan rentangan waktu yang panjang adalah lebih dari 200 tahun. Secara umumnya bentuk orbit komet adalah elips dan ekornya selalu menjauhi matahari.

Komet Halley adalah suatu komet yang paling terkenal dan terlihat dari bumi setiap 75-76 tahun. Secara resmi diberi nama 1P/Halley untuk mengenang jasa penemunya yaitu Edmund Halley.


0 komentar to "Komet, Bintang Berekor yang Menajubkan"

Poskan Komentar

  • Sambutan Admin

    Keep Blog Walking dan Jangan Lupa Berikan Saran / Komentar

Followers